Selasa, 03 April 2012

Pembukaan Piala Soeratin, PSSI Disambut Upacara Kololi Kei

Pembukaan Piala Soeratin, PSSI Disambut Upacara Kololi Kei

Sepak Blogger- Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin, dipastikan menghadiri pembukaan Piala Soeratin U-18 yang digelar oleh Pengurus Provinsi (Pengprov) PSSI Maluku Utara (Malut) di Stadion Gelora Kie Raha, Kota Ternate, Selasa (03/4).

”PSSI dipastikan hadir dengan rombongan kecil. Selain Ketua Umum, turut hadir Saleh Ismail Mukadar (Deputi Sekretaris Jenderal PSSI Bidang Kompetisi) dan Bob Hippy (Koordinator Tim Nasional Indonesia Sekaligus Anggota Komite Eksekutif PSSI),” ungkap Direktur Media PSSI, Tommy R. Arief, kepada Bola.net.

Ditambahkannya, Malut sangat siap menyambut rombongan dari PSSI tersebut. Bahkan, dipaparkannya, Djohar Arifin Husin dan kawan-kawan akan disambut meriah oleh empat Kesultanan yang ada di Malut, yakni Kesultanan Ternate, Kesultanan Bacan, Kesultanan Tidore dan Kesultanan Jailolo.

“Penyambutan akan dilakukan sejak rombongan PSSI tiba di Bandara Sultan Babullah, Kota Ternate, Selasa (03/4) pagi,” tuturnya.

“Lalu, ada upacara adat Kololi Kie yang memiliki arti 'keliling gunung'. Upacara adat tersebut merupakan ritual mengelilingi salah satu gunung di Pulau Ternate, yaitu Gunung Gamalama. Ini dijalankan guna menyambut tamu yang mengunjungi Kota Ternate, Ibu Kota Provinsi Maluku Utara,” ujar pria asli Ternate tersebut.

Tommy kembali menerangkan, Gamalama merupakan gunung aktif dengan ketinggian 1.715 meter di atas permukaan laut (Dpl) yang menjadi ikon pulau penghasil cengkeh tersebut. Pelaksanaan Upacara Kololi Kie, dikatakannya, dimulai dari Jembatan Dodoku Ali, di depan Kedaton Sultan Ternate. Dari jembatan tersebut, upacara mengililingi Gunung Gamalama dimulai hingga kembali lagi ke tempat semula.

“Rombongan juga akan dijamu dalam upacara Joko Kaha, yang dilakukan oleh masyarakat adat di tepi Pantai Ake Rica, lalu disambut secara adat oleh para tetua desa dan disuguhi berbagai hidangan lezat, seperti nasi kuning, ayam bakar, serta ikan bakar. Sedangkan untuk meramaikan suasana, diiringi alat musik, seperti tifa, gong, dan fiol (alat musik gesek),” paparnya.

Turnamen yang sudah bergulir sejak 1978 tersebut, akan diikuti oleh belasan tim asal Pengurus Cabang (Pengcab) PSSI Kota/Kabupaten dan perwakilan sepakbola di bawah naungan PSSI. Nantinya, tim terbaik pada turnamen tersebut akan terpilih untuk mewakili provinsi Malut dalam turnamen ke Zona IV.

“Seluruh masyarakat Malut dan sekitarnya, begitu antusias dalam menunggu hal ini. Terlebih, Persiter Ternate sudah merasakan gelar juara pada tahun 1978,” tuntasnya.

0 komentar:

Poskan Komentar